jajanan pasarHanya senang dengan membuat resep baru, yang begitu saja datang sebagai satu keinginan untuk membuat rasa dan bentuk baru, jika melihat bahan dan rempah yang ada, terkadang dengan tidak sengaja, jadilah masakan yang baru.
Terkadang jika mampir ke cafetaria, Restaurant, juga melihat snack, jajanan rasa manis atau asin, terpikir kan bisa juga diisi yang lain, hanya manis saja ditemui, dengan ide mencoba yang ada dengan isi atau rasa yang lain..jadilah resep baru, dan berbagi untuk kalian yang ingin mencoba.

Tentang satuan berat dari bahan bumbu dan rempah, aku akhirnya mengambil cara yang telah diterapkan selama ini di Boengamas.com, dibawah ini satuan untuk bumbu dan bahan: (Sumber Indahnya berbagi) https://heartframe.wordpress.com/tag/sosis-sapi

 

Takaran Resep Makanan di Boengamas.com

Bahan dan Bumbu Berat Volume Rempah segar
  kilo liter, dl, cl, ml, batang, tangkai, biji,
  gram mangkok, gelas, siung, potong, cm,
    sendok teh, sendok makan, butir, buah

SATUAN UKURAN yang sering digunakan dalam resep.

cup
sdm = sendok makan
sdt = sendok teh

kg = kilogram
gr = gram
ons atau ounces
pon atau pounds

quart
pints
cc
ml = mililiter
ltr = liter, litre
galon

sejumput
ruas
siung
bh = buah
lbr = lembar
btg = batang
bks = bungkus
btr = butir

Pengukuran dgn menggunakan cup atau sendok, standartnya dalam keadaan peres (tidak munjung).

Secara umum, satuan ukuran dpt dikonversi sbb :

1 cup = 16 sdm
1 sdm = 15 gram
1 cup = 250 cc = 250 ml


Singkatan-singkatan dalam takaran*
@ sdm = sendok makan
@ sdt = sendok teh
@ gr = gram
@ kg = Kilogram
@ btg = batang
@ bks = bungkus
@ btr = butir
@ ml = mililiter<

Ukuran Amerika :
1 pound = 16 ounces = 454 gram
1 once = 28 gram
1 kg = 2,2 pounds
1 quart = 2 pints = 960 ml
1 pints = 2 cups = 480 ml
1 galon = 4 quarts = 3,8 ltr

Contoh bahan makanan yg diukur berdasarkan satuannya :

Tepung terigu 1 cup = 140 gram = 15 sdm
Gula pasir 1 cup = 225 gram = 17 sdm
Gula halus 1 cup = 160 gram
Gula palem 1 cup = 140 gram
Maizena 1 cup = 125 gram
Sagu/kanji 1 cup = 125 gram
Tepung beras 1 cup = 110 gram
Tepung roti 1 cup = 115 gram = 17 sdm
Almond bubuk 1 cup = 170 gram = 17 sdm
Kismis 1 cup = 190 gram = 12 sdm
Kenari cincang 1 cup = 150 gram = 10 sdm
Mete cincang 1 cup = 160 gram
Havermout 1 cup = 90 gram
Mentega/Margarine 1 cup = 200 gram
Minyak goreng 1 cup = 220 gram
Coklat bubuk 1 cup =112 gram

1 sdm garam = 10 gram
1 sdm gula pasir = 12 gram
1 sdm mentega/margarine = 12 gram
1 sdm terigu = 8 gram
1 sdm maizena = 8 gram
1 sdm coklat bubuk = 7 gram
1 sdm air = 15 gram
1 sdt Baking Powder = 4 gram

TELUR
Ukuran normal telur adalah 1 kg = 16 btr telur
Berat 1 btr telur ukuran normal = 62,5 gram
Berat rata2 1 kuning telur = 16 gram
Berat rata2 1 putih telur = 46,5 gram


*Ukuran takaran dengan Cup*
1 cup = 1 cangkir = 16 sdm
1 sdm = 15 gram
1 cup = 250 cc = 250 ml

Tepung terigu 1 cup = 140 gram
Gula pasir 1 cup = 225 gram
Gula halus 1 cup = 160 gram
Gula palem 1 cup = 140 gram
Maizena 1 cup = 125 gram
Sagu/kanji 1 cup = 125 gram
Tepung beras 1 cup = 110 gram
Tepung roti 1 cup = 115 gram
Almond bubuk 1 cup = 170 gram
Kismis 1 cup = 190 gram
Kenari cincang 1 cup = 150 gram
Mete cincang 1 cup = 160 gram
Havermout 1 cup = 90 gram
Mentega/Margarine 1 cup = 200 gram
Minyak goreng 1 cup = 220 gram
Coklat bubuk 1 cup =112 gram

*Ukuran Gelas Belimbing*

1 gelas tepung terigu = 130 gr
1 gelas gula pasir = 230 gr
1 gelas gula halus = 180 gr
1 gelas mentega = 210 gr
1 gelas air/ susu encer = 250 cc


Resep baru Boengamas.com sekarang memakai cara ukuran, yang bisa di tentukan untuk berapa orang, semacam meter yang bisa kalian tentukan dari basis utama.
Handle (slider) ini memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah secara proporsional dengan jumlah porsi, terlihat hanya untak user saja.

Artikel tentang Dapur Molekul

Keahlian memasak molekul (juga dikenal sebagai memasak Molekul atau dapur Molekul) adalah aplikasi ilmu pengetahuan untuk persiapan di dapur. Istilah ini diciptakan oleh Nicholas Kurti Hungaria (1908-1998) selama presentasi pada tahun 1969, dan di bawah sorotan lebih besar pada tahun 1988 oleh asistennya Hervé ini. Konsep ini terutama pada awal abad ke-21 telah menjadi sensasi di dunia kuliner. Orang Spanyol koki Ferran Adria restoran El Bulli di London dan Heston Blumenthal dari The restoran Fat Duck adalah pemimpin besar dengan pengikut di seluruh dunia. Di Belanda Moshik Roth 't Brouwerskolkje eksponen gaya memasak. Juru masak Eke Marien dan ahli kimia fisik telah Groenewold Januari sampai kuliah dan publisitas lokakarya diberikan kepada masakan molekul.

Masakan tradisional didasarkan sebagian pada pengalaman generasi memasak dengan persiapan makanan dan juga tradisi yang dipertahankan oleh koki pelatihan dan buku masak. Pendapat yang dinyatakan di dapur klasik tidak perlu selalu benar. Contohnya adalah pengertian yang salah bahwa jika Anda bakar sepotong daging jus dapat terus. Ide ini sudah diungkapkan oleh Aristoteles dan kemudian ilmiah dirasionalisasi oleh Justus von Liebig (1803-1873). Daging yang menyengat garing tidak kurang permeabel terhadap uap air dari daging itu. Selain itu, dengan kontraksi dari protein dapat menarik cairan dalam daging mendesak keluar.

Dalam keahlian memasak molekul adalah mencari proses yang terlibat dalam penyusunan memainkan daging, dan keadaan di mana mereka terjadi. Sebagai contoh, jaringan otot dalam daging dari protein yang pada suhu di atas 60 ° C untuk memperkuat dan menjadi butiran, dan tidak lagi mampu menahan jus. Inti dari steak merah muda yang indah karena itu tidak seharusnya di atas 60 ° C keluar. Jaringan ikat pada daging yang lembut tetapi hanya pada suhu di atas 90 ° C. Hanya kemudian akan kolagen kaku diubah menjadi gelatin lunak. Dan reaksi Maillard yang membuat untuk kerak coklat lezat, terjadi hanya di atas 140 ° C.

Pengetahuan ini digunakan pada masakan molekuler untuk daging, untuk setiap jenis metode yang tepat dari persiapan untuk dipilih. Steak, yang kaya dalam jaringan otot dan lengan untuk jaringan ikat, harus disiapkan pada suhu rendah. Hal ini dimungkinkan dengan vakum dan sangat panjang prosesnya (tiga hari)daging setelah di kantong vakum trnggelamkan dalam bak, air pada suhu 50 ° C untuk memanaskan. Enzim dalam daging kemudian akan mampu membuat rantai protein panjang menjadi rantai yang lebih pendek untuk membagi, yang merupakan kelembutan manfaat daging. Setelah itu, daging secara singkat dapat dipanggang untuk muncul kerak coklat. Kemungkinan lain adalah penggunaan protein-pemisahan enzim (protease) dalam rendaman kiwi gilingan

Selain perilaku protein dalam situasi yang berbeda, juga dapat melihat kombinasi air, lemak gas, padat, dan dalam banyak masakan. Misalnya, mayones, krim, saus hollandaise, dll, yang harus dipahami sebagai lemak-dalam-air emulsi, dan mentega sebagai emulsi air-dalam-minyak. Saat busa adalah udara terperangkap dalam cairan. Dalam hidangan molekul dengan mesin whipped cream (Kidde) busa yang mengejutkan dibuat.

Ini akan menjadi menarik untuk menemukan bahwa beberapa kombinasi tidak terjadi di dapur atau sedikit, karena kabut (cair ke gas). Para Soupe aux truffle Elysee oleh Paul Bocuse pada tahun 1975 untuk Valery Giscard d'Estaing didirikan, mungkin tidak sadar, contoh. Di bawah penutup puff pastry di mangkuk sup truffle yang di dalam oven uap harum yang dilepaskan ketika dimasak di meja tutupnya dibuka. Dalam hidangan molekul, semprotan tersebut juga berasal dari tabung dari esensi. Rentang yang semakin cepat membesar bahan pengemulsi dan bahan penebalan model digunakan untuk jeli panas dan dingin, padat atau cair, cahaya yang sangat panas dan dingin "aire" atau sebelumnya tetap "espuma" busa untuk mempersiapkan rasa manis dan gurih. Produk dari cabang lain dari industri makanan seperti dari pabrik permen dan tanaman pengolahan daging dengan mudah diintegrasikan ke dalam keahlian memasak modern, sehingga erook olahan dengan metil selulosa, bukan protein, produk enzim dari saling menempel, dan penggunaan sangat meningkatnya nitrogen cair untuk Sebagai contoh, nitro - meringue dan kokain serbuk halus dingin juga disebut passion seperti untuk mempersiapkan.