kari merahApa itu kari? "Curry" adalah kata Tamil-inggris (kari) yang mendeskripsikan saus, tetapi telah berkembang kemana mana, untuk menjelaskan banyak sekali saus kari, campuran rempah-rempah, dan hidangan siap yang merupakan basis utama dari banyak masakan. Masakan kari tradisional dibangun oleh seleksi yang seksama, pencampuran dan perawatan berbagai seluruh rempah-rempah, bumbu dan sayuran aromatik. Hidangan ini sering menggunakan beberapa teknik seperti memanggang kering, dengan minyak goreng, digiling dan menumbuk, sebelum rasa yang dibentuk ke dalam deglaze cair

 

Apa saja bubuk kari?
Bubuk kari adalah campuran bumbu halus yang digunakan untuk dengan mudah membuat masakan juga saus dan persedian pada musim masakan. Curry campuran bubuk merupakan cara yang mudah untuk menggunakan khusus rasa kari, cukup tambahkan bubuk ke minyak panas di mana Anda baru tumis daging, sayuran, makanan laut atau tahu dan deglaze dengan mencampurkan persediaan santan cair.

Membuat campuran kari
Kunyit, jinten, cabe (merah atau hijau) dan jahe adalah bahan penting dalam berbagai kari, tapi ketumbar, fenugreek, mustard, merica, kayu manis, cengkeh, kapulaga dan pala juga sama penting, bersama dengan aromatik segar seperti bawang putih, bawang merah , ketumbar, serai, jeruk nipis dan lemon untuk nama tetapi beberapa.

Rasa kari dapat digunakan dalam cara yang tidak konvensional. Di Jerman, bubuk kari dicampur ke dalam saus tomat dan disajikan dengan sosis dan kentang goreng sebagai currywurst sebagai makanan nasional. Bubuk kari dapat digunakan sebagai lapisan pada daging, bumbu dan popcorn sebagai tambahan pedas untuk air garam dan acar.

Perbedaan antara kari India dan Thailand
Secara umum, kari India menonjolkan fitur daging atau sayuran yang direbus dalam banyak berbeda yang kaya, hangat untuk saus seperti saus pedas-panas, sementara Thai kari sering menampilkan cerah, panas saus dengan saus ikan dan tambahan pendinginan santan.

ayam kari santan

Basah versus kari kering
"Curry pasta" dibuat dengan menggabungkan bahan rempah-rempah yang kering dan dengan minyak wijen atau dengan mentega. Proses ini biasanya juga termasuk pilihan pasta kental aromatik seperti cabai, bawang putih, jahe dan serai. Hidangan nasi, mie, sayuran atau daging dibumbui dengan pasta yang dikenal sebagai bubuk kari kering.

"Basah" kari terdiri dari saus-saus seperti yang dibuat dengan mencasirkan pasta kari dengan cairan seperti air, atau dengan persediaan dari yogurt atau santan kelapa. Berbagai sayuran dan daging yang yang direbus dalam saus kari ini basah dan biasanya disajikan di atas nasi atau roti, terutama flatbreads (roti tipis) untuk kemudian mencelupkan pada saus (seperti pita atau naan bread India.)

Kari merah versus kari hijau
Kari merah sering menampilkan sedikit rasa manis dan pedas, pasta ini terbuat dari percapuran cabai merah segar dan juga cabe kering. Manisnya ini dapat ditingkatkan dengan penambahan pemanis seperti gula, madu atau sirup kelapa. Hijau kari biasanya menampilkan rasa segar dari gilingan cabai hijau mentah.

kari merahDasar Saus Red Curry
Saus ini mendapat warna dan rasa khusus dari cabai merah matang. Sajikan di atas nasi, daging tumis, tahu atau sayuran pilihan Anda.

Bahan:
2 sendok makan minyak sayur atau ghee
2-3 siung bawang putih
1 sendok makan jahe segar
2 bawang merah atau bawang merah ½
1 sendok makan bubuk kari campuran
2-3 buah cabai merah kering
1 media paprika merah
Juice & bumbu dari 1 jeruk nipis
2 cangkir santan

Membuatnya:
Panaskan minyak atau ghee dalam wajan berukuran sedang.

Tumis tumbuk bawang putih, jahe, bawang merah potong dadu atau bawang, dan paprika merah dalam minyak atau ghee sampai empuk.

Taburkan dalam bubuk kari, hancur kering cabai merah, air jeruk nipis & bumbu. Aduk santan dan haluskan dengan blender perendaman atau dalam food processor sampai halus.

kari hijauDasar Saus kari hijau
Saus ini mendapat warna dan rasa khusus dari cabai hijau segar, ketumbar, jeruk nipis dan sereh. Sajikan di atas nasi, daging tumis, tahu atau sayuran pilihan Anda.

Bahan:
2 sendok makan minyak sayur atau ghee
2 sendok makan kari bubuk campuran
2-3 siung bawang putih
1 sendok makan jahe segar
2 bawang merah
3-5 cabai hijau segar
1 batang tangkai segar lemon grass
Juice & bumbu dari 1 jeruk nipis
2 cangkir santan

Membuatnya:
Panaskan minyak atau ghee dalam wajan berukuran sedang.

Tumis tumbuk bawang putih, jahe, serai, potong dadu bawang merah atau bawang hijau, dan cabai hijau dalam minyak atau ghee sampai empuk.

Taburkan dalam bubuk kari, air jeruk nipis & bumbu. Aduk santan dan haluskan dengan blender perendaman atau dalam food processor sampai halus.

SEDIKIT TENTANG MACAM KARI Kari masakan Thailand menggunakan daging, ikan, atau sayur-sayuran yang dimasak di dalam sos berempah yang diperbuat daripada cili, daun limau purut, serai, lengkuas, dan santan.
Oleh itu, ia cenderung berbau lebih harum, berbanding dengan kari India.
Kari-kari Thailand seringnya dihuraikan mengikut warna,
iaitu: Kari Merah untuk kari yang menggunakan cili merah;
Kari Hijau yang menggunakan cili hijau;
Kari Kuning yang mirip dengan kari India dan yang menggunakan kunyit dan jintan putih. Kari Kuning yang biasanya mengandungi ubi kentang juga dikenali sebagai kari gaeng (ejaannya berbeza-beza).
Terjemahan harfiah untuk kari gaeng ialah "kari kari" kerana ia adalah satu-satunya kari Thailand yang benar-benar merupakan kari dan disesuaikan daripada masakan India.