Bingka

Katagori: 
oleh
Pilihan Chef Pameus

Bingka adalah kue yang menjadi ciri khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya sangat manis, lemak, dan lembut. Bingka merupakan salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk menyajikan 41 jenis kue untuk acara-acara istimewa seperti pernikahan. Meski dapat ditemukan sepanjang tahun, bingka menjadi primadona pada bulan Ramadhan karena dianggap cocok berbuka puasa.

Bingka dibuat dari bahan-bahan sebagai berikut: tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam. Sebagai kelaziman, bingka dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Ada bermacam-macam perisa bingka seperti bingka tapai, bingka kentang, bingka labu, bingka pandan, dan lain sebagainya. Selain itu, ada jenis bingka lain yang menjadi favorit orang Banjar dalam bulan puasa, yakni "bingka barandam" yang sebenarnya agak berbeda cara pembuatannya.

Selain menjadi kue khas Suku Banjar, bingka juga terkenal di provinsi-provinsi tetangga seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, bahkan ke mancanegara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.
Foto dari http://www.tribunnews.com/travel/2015/06/05/kue-bingka-khas-kalimantan-selatan-bikin-para-turis-ketagihan Ada bingka kentang, pandan, nangka, waluh (labu), tapai, keju dan kismis.

0
0
Gampang
Cukup murah

Bingka
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu menunggu 15m

Daftar bahan

Untuk 14 Sajian

Bahan

  • 125 gram gula halus putih
  • 6 butir telur ayam
  • 1 sdm tepung terigu campur dengan 4 sdm air, aduk rata
  • 200 ml air diblender dengan 3 lembar daun pandan, saring
  • 200 gram susu manis kental
  • 0.5 sdt pandan pasta

Cara Membuat Bingka

  1. Sediakan satu wadah kue, kocok telur dan gula sampai berbusa, gunakn sebaiknya mixer tangan
  2. Aduk di lain tempat tepung terigu, susu kental manis, air pandan dan pandan pasta, aduk merata, tuangkan ketempat adonan telur dan gula, aduk merata.
  3. Sediakan 14 buah loyang ukuran 6 cm, tuang adonan, bagi sama rata, susun pada loyang besar berisi air panas, panggang selama 1 jam dalam oven yang sebelumnya dipanaskan, panas suhu 160 derajat.
  4. Tunggu dingin dahulu, baru dikeluarkan dari loyang cetakan, sajikan

Top