Klepon

Katagori: 
oleh
Pilihan Chef Pameus

Bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda, memang terasa sangat unik dan menggoda selera kuliner kita untuk mencicipinya. Teksturnya yang kenyal dan lembut membuat orang ingin terus menggigit dan menggitnya lagi.
Rasa yang tersimpan dari klepon sangat lezat, bersensasi, bahkan bikin ketagihan. Karena manis gula merah sebagai isinya seperti madu. Rahasia kelezatan klepon memang pada isinya yang terbuat gula merah yang dicairkan lebih dulu.
Sedangkan untuk kulit luar klepon berasal dari campuran adonan yang terbuat dari adukan tepung ketan, dengan air perasan daun pandan secukupnya. Tergantung dari komposisi tepung ketannya. (sumber eastjavatraveler)

0
0
Gampang
Cukup murah

Klepon
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu menunggu 15m

Daftar bahan

Untuk 1 Sajian

Bahan

  • 300 gram tepung ketan ayak dulu
  • 75 ml air rebusan dengan daun pandan
  • 0.5 sdt pasta pandan
  • 2 sdt air kapur sirih
  • 100 gram gula aren iris tipis halus
  • 150 gram kelapa parut dan 1 sdt garam, kukus 10 menit

Cara Membuat Klepon

  1. Langkah pertama adonan:
  2. Aduk tepung dengan air sedikit demi sedikit, lalu masukkan air kapur sirih.
    Uleni adonan dengan tangan sampai tidak nempel dijari, buat bola-bola sebesar kelereng, tekan tengahnya, isi irisan gula aren secukupnya, lalu bulatkan kembali.
    Kerjakan sampai adonan habis.
  3. Langkah kedua rebus:
  4. Sementara air dipanci secukupnya masak sampai mendidih, cemplungkan kelepon, masak sampai matang, jika sudah masak gulingkan kedalam kelapa parut.
  5. Langkah ketiga taburan:
  6. Kelapa parut aduk bersama garam, kukus selama 10 menit. Gulingkan kelepon di kelapa parut. Hidangkan selagi panas, hati-hati gula didalam biasanya masih panas.

Top