Sambal goreng rebung ayam

oleh
Pilihan Chef Pameus

Rebung adalah tunas muda dari pohon bambu yang tumbuh dari akar pohon bambu. Penduduk di Indonesia maupun di Asia biasanya memanfaatkan rebung untuk makanan. Selain untuk isi lumpia sering juga digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah. Saat ini rebung sudah dapat diolah untuk berbagai bahan makanan awetan.
Dengan teknologi yang kami miliki kami telah berhasil membuat makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung, dengan kandungan pati yang tinggi tepung jenis ini baik untuk dibuat bahan kue; cuka rebung, sangat baik untuk digunakan sebagai cuka makan karena dapat juga berfungsi sebagai healthy food; keripik rebung, rasa dan tekstur yag ada jauh lebih baik dibandingkan dengan potato chip; rebung beku, sebagai bahan untuk sayuran; asinan rebung, yang sangat enak dijadikan sebagai kudapan. Selain itu, rebung juga dijadikan lema.
Rebung memiliki kandungan, karbohidrat, protein, dan 12 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi rebung secara teratur merupakan satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit termasuk kanker. (sumber: wikipedia)

0
0
Gampang
Cukup murah

Sambal goreng rebung ayam
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu menunggu 15m

Daftar bahan

Untuk 1 Sajian

Bahan

  • 1 kaleng rebung isi 375 gram, bilas dengan air panas
  • 150 gram daging ayam bagian dada, potong dadu
  • 0.5 buah paprika merah,bagi empat lalu iris tipis
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 lembar daun salam
  • 400 ml santan
  • 100 ml saus sambal goreng basis
  • garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Sambal goreng rebung ayam

  1. ambil saus sambal goreng basis dari persedian.
  2. Tumis dengan sdikit minyak saus basis sambal goreng sampai warna minyak merah, masukkan kunyit bubuk aduk rata, lalu masukkan santan.
  3. Masak sampai mendidih, cicip apa perlu ditambah gula dan garam, masukkan rebung dan irisan ayam dan irisan paprika, sesekali diaduk, masak sampai mendidih, agar santan tidak pecah, cicip apa perlu menambah garam dan gula.
  4. Kalau suka campurkan susu 1/2 gls dan sedikit bumbu penyedap.
  5. Rebung agak lama dimasaknya, agar lunak rasanya.

Top