Kue Sakura

Katagori: 
oleh
Pilihan Chef Pameus

Ketika mencoba kueh sakura ala indonesia, saya pernah ingat nama kue yang serupa berasal dari Jepang, cara membuat adalah tidak sama, hanya secara kebetulan mempunyai nama yang sama, dbawah ini ada sedikit keterangan tentang nama kue yang sama. Kue sakura atau Sakuramochi (Jepang) adalah kue Jepang yang biasanya berwarna merah muda dan ditutupi dengan daun sakura. Kue manis ini sering kali disajikan dan dimakan dalam acara Hina Matsuri pada bulan Maret tanggal 3 (bulan 3, tanggal 3). Namun demikian, jenis kue ini bisa diperoleh di kebanyakan toko kue dan supermarket di Jepang, hampir di sepanjang tahun. Ketika saya berpikir tentang yang manis dan enak di Jepang dan yang cocok untuk musim semi, adalah sakura-mochi (kue beras, warna bunga sakura, dengan pasta kacang di dalamnya, dibungkus daun sakura diawetkan). Anda dapa membuat kue sakura ala jepang cara sendiri, Anda dapat menggunakan apa pun jenisnya kacang, sisipkan adonan kacang yang Anda suka! Bahan dasar dari kue ini adalah tepung beras biasa (untuk daerah Tokyo) atau tepung beras ketan (untuk daerah Kansai). Kue Sakura atau Bolu Sakura yang dibuat di Indo adalah salah satu bolu kukus yang terbuat dari gula karamel, rasanya legit dan gurih.

0
0
Sangat gampang
Murah

Kue Sakura
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu menunggu 15m

Daftar bahan

Untuk 1 Sajian

Bahan

  • 150 gram mentega Blue Band, lelehkan
  • 250 gram gula pasir putih halus
  • 250 ml air
  • 2 butir telur ayam
  • 225 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 0.5 sdt soda kue

Cara Membuat Kue Sakura

  1. Bahan tepung terigu, baking powder dan soda kue campur jadi satu, kemudian diayak.
  2. Panaskan pancake anti lengket, lalu lumerkan 100 gram gula pasir, sampai warna coklat (karamel).
  3. Lalu tuangkan air, tidak usah diaduk, masak hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
  4. Kocok telur dan sisa gula pasir sampai mengembang dan kental lalu tuangkan gula karamel, mixer dengan kecepatan rendah saja.
  5. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu aduk merata dengan mixer kecepatan rendah, terakhir masukkan lelehan margarine dikit demi sedikit, aduk perlahan sampai tercampur semua.
  6. Sediakan cetakan sakura, olesi dengan mentega atau minyak, sendok adonan kedalam cetakan isi 3/4 ukuran cetakan
  7. Kukus kemudian adonan didalam dandang yang sebelumnya sudah dipanaskan, kukus selama 15 menit.
  8. Hidangkan hangat.

Top