Burasa

Katagori: 
oleh
Pilihan Chef Pameus

Buras atau Burasa adalah makanan khas Makassar, semacam lontong untuk teman nya hidangan coto makassar, karena gurih nya santan, juga hanya dimakan begitu saja sangat enak, apalagi dengan sambal poyah, buras ini cocok untuk bekal diperjalanan.
Panganan ini terbuat dari beras yang dimasak tertebih dahulu dengan santan yang banyak hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang. Biasanya dibuat menjadi dua bagian dalam satu ikatan (menggunakan tali rapia atau daun pisang) kemudian direbus hingga matang. Panganan ini juga biasanya ditemui diluar provinsi Sulawesi Selatan seperti Gorontalo atau Kalimantan dan beberapa daerah lain di Indonesiadan Malaysia. Mungkin dikarenakan banyaknya suku Makassar/Bugis yang merantau dan menetap di daerah-daerah tersebut sehingga panganan ini ikut menjadi bagian dari tradisi hari lebaran di daerah-daerah tersebut.

0
0
Gampang
Cukup murah

Burasa
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu menunggu 15m

Daftar bahan

Untuk 1 Sajian

Bahan

  • 1 liter beras yang bagus
  • 3 lembar daun salam
  • 750 ml santan, merk kara
  • 1 sdt garam secukupnya
  • daun pisang untuk membungkus dan tali secukupnya

Cara Membuat Burasa

  1. Langkah pertama adonan beras:
    Cuci beras, sampai air bening, kemudian masak beras, garam, santan dan daun salam dalam panci sampai air surut, adonan jadi setengah matang.
  2. Langkah kedua, bungkus adonan:
    Bersihkan daun dengan servet lalu bentangkan, taruh secukupnya 2 atau 3 sendok makan adonan nasi, gulung dan lipat kedua ujung kearah tengah, ukuran kira-kira 8x5cm. Buat satu lagi dengan ukuran sama, lalu ditangkupkan dengan yang pertama, ikat dengan tali (lihat foto). Langkah ketiga, kukus buras
    Kukus di dalam dandang selama 2 jam, perhatikan air dandang, jika perlu tambah dengan air panas.
  3. Langkah keempat, sambal poyah dari bumbu pelengkap:
    150 gram kelapa parut bersama 1 sendok teh kencur cincang, disangrai, tambahkan daun jeruk purut dan irisan tipis cabai merah, aduk dan balik-balik hingga kering, tambahkan 0.5 sdt gula, aduk merata, angkat dan tumbuk kasar. Tunggu sampai Burasa ini dingin, baru dapat di makan.
  4. Hidangkan dengan sambal poyah.

Top