Lenjer basis pempek

oleh
Pilihan Chef Pameus

Penyajian dan bahan Bahan Daging ikan, sagu, telur ayam, air matang, garam Variasi Pempek kapal selam, pempek telur besar, pempek kapal selam kecil, pempek telur kecil, pempek keriting, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek belah, pempek panggang, pempek lenggang, dsb

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang. Pempek dijual di mana-mana di Palembang, ada yang menjual di restoran, ada yang dipinggir jalan, dan juga ada yang dipikul. Disemua kantin sekolah/tempat kerja/kampus pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek biasa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya.

0
0
Gampang
Cukup murah

Lenjer basis pempek
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu menunggu 15m

Daftar bahan

Untuk 1 Sajian

Bahan

  • 500 gram daging ikan tenggiri sudah digiling halus
  • 200 gram tepung sagu atau tapioca
  • 2 butir telur ayam, ambil putihnya saja
  • 1 sdt garam (cicip, adonan harus ada asinnya)
  • 1 sdt bumbu penyedap (ajimomoto)
  • 100 ml air, es secukupnya

Bahan saus

  • 500 gram gula jawa yang coklat tua
  • 3 sdm pasta asam
  • 1 sdm cuka dapur, kalu kurang asam
  • 1200 ml air
  • 1.5 sdm tongcai

Bumbu yang dihaluskan

  • 8 siung bawang putih, rajang halus
  • 10 buah cabai rawit, haluskan
  • 5 buah cabai merah, haluskan

Cara Membuat Lenjer basis pempek

  1. Langkah pertama adonan
  2. Empek-empek: Campurkan air, garam, dan daging ikan yang
    sudah dihaluskan, aduk, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai cukup kerasnya dan dapat diuleni, sampai tidak melekat ditangan.
    Bentuk adonan sesuai selera, ada bentuk kelasan, lenjer, diisi telur (kapal Selem), dan lain-lain.
    Setelah empek-empek terbentuk, lalu direbus di dalam air sampai mengapung (tandanya matang), angkat lalu tiriskan.
    Empek-empek dapat dimakan basah atau goreng dulu, sesuai selera saja.
  3. Langkah kedua saus cuka
  4. Kuah Cuka: Didihkan air dan gula merah, masukkan bawang putih
    dan cabai rawit yang telah dihaluskan, tambahkan garam, dan cuka,
    masak hingga mendidih, lalu saring, masukkan tongcai kedalam cuka,
    Kalau mau enak masukkan juga 1 sdm udang kering, sebelumnya rendam dulu di air panas, saring lalu tumbuk kasar.
  5. Langkah ketiga menghidangkan
  6. Lenjer potong setebal 5 mm, kocok 2 telur dan sedikit garam, campurkan irisan lenjer, goreng di panci anti lengket, setelah agak garing dan kuning angkat, inilah yang dinamakan pempek lenggang.
  7. Hidangkan pempek lenggang dengan kuah cuka dan irisan timun sesuai selera.
    untuk variasi, tambahkan rebusan mi sedikit saja.

Recipe notes

pempek lenggang

Foto Lenggang-Foto dari 8 Kuliner Khas Palembang yang Sayang Jika Dilewatkan

- Pempek Kapal Selam/ Pempek Telor - Pempek Lenggang - Pempek Krupuk - Pempek Kates/Pistel - Pempek Ebi - Pempek Adaan - Pempek DOS - Pempek Panggang - Pempek Keriting - Pempek Kulit - Pempek Sosis & Pempek Keju --> varian baru


Top