Lontong Palembangheader aneka resep
Sambal goreng telurRendang dagingAyam bumbu anamSab. Gor. BuncisLontong Bawang goreng

Menu lontong atau ketupat capgomeh di tiap daerah di Pulau Jawa tersedia dengan aneka versi. Di Jakarta, masakan ini terdiri dari irisan ketupat atau lontong dengan sayur dari irisan labu siam dipadu buncis, opor ayam, tahu-tempe, kentang kuah bumbu kari, dan kari ayam.
Sebagai pelengkap, di atas ketupat capgomeh ditaruh sambal godok atau rebus yang terdiri dari irisan cabai merah, petai, dan ebi, seperti yang disajikan ketupat capgomeh. Lontong Palembang seperti Menu diatas, adalah hidangan famili kami di Lahat, cuma kami memakai ketupat, biasanya disantap bersama pada hari Raya saja, jangan lupa ingin pedas, coba sambal cengek. Resep Link
Tradisi ketupat (kupat) lebaran menurut cerita adalah simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa ku = ngaku (mengakui) dan pat = lepat (kesalahan) yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada waktu itu masih banyak yang meyakini kesakralan kupat. Asilmilasi budaya dan keyakinan ini akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi Islami ketika ketupat menjadi makanan yang selalu ada di saat umat Islam merayakan lebaran sebagai momen yang tepat untuk saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.
Lontong PalembangMenu 3 - Lontong Palembang

Pilihan kami Sambal goreng Telur.
Dagingnya kita pilih Rendang (khas Padang).
Cocok untuk kuah dari ayam bumbu anam
Sayur lainnya ialah Sambal goreng buncis
Kita perlukan juga Ketupat atau Lontong, Kerupuk
Untuk taburan Bawang Goreng, dan Bubuk Lontong
Menu hidangan ini kita namakan Lontong atau ketupat Palembang.
Sebagai hidangan penutup kita pilih Lapat Pisang
Hidangan khas Palembang ini nikmat disantap bersama keluarga, juga pantas untuk kenduri kecil..
Lontong atau ketupat Palembang biasanya di nikmati pada hari Raya Lebaran dan Pesta, yang penting adalah kuah dari bumbu anam, warnanya ke hijauan dan paduan mix dari gilingan bumbu seharusnya secara tradisional, bumbu mix di gongseng di kuali hingga matang dan kering wangi tentu menyengat sekali, dalam keadaan masih panas digiling di lumpang batu.

 

Lepat Pisang Lepat Pisang
Lepat adalah makanan khas Indonesia, yang banyak dijumpai pada masyarakat Sumatera, seperti Minangkabau, Aceh, dan Melayu. Lepat terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah hingga kalis, kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan di bagian tengahnya diberi kelapa parut yang telah digongseng dengan gula yang dinamakan inti, kemudian dikukus hingga matang Masakan yang kita kerjakan ini, disantap bersama keluarga nasi putih, diwarnai dengan lalapan, sambal dan kerupuk. Minumannya air jeruk panas atau teh wangi. Kami ucapkan selamat mencoba, ingat selera itu ada dilidah anda sendiri, berhasil atau tidak, adalah bagian keseriusan kita dalam mengerjakannya.Keseriusan itu akan berhasil, bila bumbu dan citarasa ada diperasaan dan ditangan anda. Keseriusan itu akan berhasil, kalau kita sering mencoba dan sabar, asal kreatif dalam mengerjakan. Link resep