Rendang Padang
Kumpulan Resep dan Menu dari dapur Boengamas
Selagi masih aktif di Toko dan Restaurant, kami mengumpulkan Resep dan Menu yang pernah disajikan untuk pengunjung, setelah kami berhenti dengan usaha kami, resep dan menu ini kami masukkan untuk situs ini dan merupakan suatu nostalgia buat kami juga mengingatkan apa-apa yang dulu disajikan, untuk para pengemar Restaurant dan Toko Boengamas waktu itu.
Masak Rendang Padang. Setelah mencoba dengan beberapa bumbu, dan cara pengolahannya, kami menemukan cara yang cukup berhasil, jika mengingat rasa dan makan rendang asli padang, ada kesamaan. Kesulitan untuk praktek sudah di di tinjau dalam segi memasak dan paduan bumbu dengan mengunakan, mesin penggiling bumbu (blender atau cutter) agar halus, dan lamanya memasak. Tergantung pada anda, untuk mencoba, dan kami ingin mendapatkan kritik dari yang kami coba ini...

Masak RendangRendang-Padang adalah Rendang daging berasal dari Sumatra barat, daerah Minangkabau. Yang jelas kita tau Rumah makan orang awak ada dimana-mana, tersebar di Nusantara "namanya ialah Rendang Padang" enak, gurih tak ado tandingannyo. Masakan orang awak ini sekarang diolah dimanana-mana, oleh tangan orang jawa, orang sunda, orang menado, yah sudah menjadi hidangan nasional, malah di Belanda sudah cukup populair. Masakan rendang di daerah Lahat hampir sama namanya rendang basah hampir macam Kalio daging, mungkin orang dulu tidak senang dengan masakan yang kering. Masakan rendang dapat juga diganti dengan potongan ayam, juga Ati sapi, kentang kecil, kacang merah untuk yang vegetable tentunya lumayan. Jengkol tua juga enak dibuat rendang. Apalagi ja...mungkin anda tau... Rendang makin kering, makin enak dan bisa disimpan, bila dingin warnanya kehitaman.
Rendang daging (Minang: Randang dagiang), adalah masakan tradisional daging bersantan yang kaya bumbu rempah-rempah. Masakan ini berasal dari tradisi Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Rendang dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri. Hidangan ini digemari semua kalangan masyarakat, baik itu di Indonesia, Malaysia ataupun di berbagai negara lainnya.

Pada tahun 2011 melalui jajak pendapat internet yang melibatkan 35.000 responden yang digelar CNN International, menobatkan Rendang sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar 'World’s 50 Most Delicious Foods' (50 Hidangan Terlezat Dunia).

Nasi bungkusTip : sajikan santapan yang nikmat berupa nasi bungkus dengan aneka lauk pauk seperti sambal goreng telur, acar masak, belado kering tempe dan rendang, tentu nikmat bekal picnik, ajo coba... Pilihan kami nasi bungkus, yang diisi dengan Rendang, Sambal goreng telur, Belado mix dan Acar masak..
Rendang daging
adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa(karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak).

 

Rendang yang dibuat oleh dapur boengamas tidak memakai garam, karena sambal ulek (giling)yang dijual dibotol mengadung garam Asli Rendang(cukup asin).
Untuk Restaurant bisa membeli ukuran 10 kg. Sambal ulek ini asin dan sedikit asam, karena peraturan izin makanan yang mengharuskan pengawetan untuk sambal dan lain produk. Produk sambal dari Thailand dan Indonesia.

RENDANG KERING
Rendang kering adalah rendang sejati dalam tradisi memasak Minang.
Rendang ini dimasak dalam waktu berjam-jam lamanya hingga santan mengering dan bumbu terserap sempurna. Rendang kering dihidangkan untuk perhelatan istimewa, seperti upacara adat, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.
Rendang kering biasanya berwarna lebih gelap agak coklat kehitaman. Jika dimasak dengan tepat, rendang kering dapat tahan disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu, bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan jika disimpan di kulkas, dan enam bulan jika dibekukan.
Beberapa kalangan berpendapat bahwa citarasa rendang asli Minang adalah yang paling lezat dan tiada dua — jauh berbeda dengan rendang di sejumlah kawasan Melayu lainnya.

Cara masak kami di Belanda:
Kalau kami di Belanda utnuk membuat masakan yang gampang adalah memakai bahan jadi, seperti santan tidak usah meras lagi, sambal sudah ada yang digiling (biasanya asin jadi hati-hati memakai garam), selebihnya bahan seperti, daun kunjit, laos, sereh, jahe, daun jeruk dan kunjit dapat diperoleh bahan segar, kebanyakan didatangkan dari Thailand. Ada yang pake asam kandis, itu terserah anda, dan kelapa gongso (kelapa parut yang digonseng tanpa minyak) dapat juga dibuat dari kelapa parut kering (di Toko), setelah digongseng warna kecoklagtan di blender sampai keluar minyak.

Rendang Sambal goreng boncis Belado mix Acar masak Wadah daunCoconut Milk

 

 

 

Creamed coconutSambal ulek dari Amboina Holland

 

 

Asli Rendang
  • Bahan yang diperlukan:
    3 kg daging sapi has dalam untuk di Belanda runder sukadelapen, potong 1/2x3x4 cm
    4 siung bawang putih haluskan
    5 bawang merah iris halus
    2 blok santan
    Air secukupnya asal daging terendam
    5 biji asam kandis (kalau ada)
    10 sdm sambal giling
    5 sdm minyak
  • Bumbu yang dihaluskan:
    2 cm laos iris halus 1 btg sereh iris halus 2 cm jahe rajang halus 10 lembar daun jeruk iris tipis halus 2 lembar
    daun kunyit iris halus 3 cm kunyit juga iris halus Diblender kecepatan tinggi masukkan semua bumbu, dengan
    dibubuhi 1/2 gelas air, putar blender sampai bumbu halus dan merupakan pasta, tambahkan air bila susah diputar
  • Membuatnya:
    a. Daging sapi setelah dipotong, bilas dengan air lalu tiriskan--
    b. Sediakan kuali (wajan) yang besar untuk 5 kg penuh--
  • 1.Panaskan minyak diapi kecil tunggu sebentar, jika agak panas masukkan 1 blok santan yang dipotong-potong, dengan sutil (susok) aduk santan sampai lumer, aduk cepat sampai menjadi kuning kecoklatan (seperti kelapa gongso).
  • 2.Masukkan bawang putih aduk sebentar sudah harum masukkan irisan bawang merah, aduk sebentar, kemudian masukkan sambal giling aduk sampai rata, aduk sampai warna berubah.
  • 3.Masukkan bumbu giling aduk sampai rata, biarkan air mengering.
    4.Masukkan kemudian daging dan blok santan,
    tambahkan air sampai permukaan daging.
  • 5.Aduk sampai bahan dan daging tercampur semua.
    6.Api yang kecil lalu besarkan, sekali-kali aduk dengan sutil agar bawahnya tidak hangus.
    7.Masak rendang sampai kering, memasaknya di antara 2 - 3,5 jam.
    8.Sudah mendekati kering, masukkan gula, activkan mengaduk dengan sutil, sampai adonan berubah warna, kering dan berminyak. angkat dan pindahkan rendang.