• Nasi Palembang

    Nasi Palembang

    17.12.2013

    Hidangan Sumatera- Aneka warna hidangan cepat, untuk pesta kecil atau ulang tahun.   NASI PALEMBANG Pilihan kami Sambal goreng buncis dengan peteh.

    Baca selanjutnya...

  • Kampung Megalit

    Kampung Megalit

    08.12.2013

    SINJAR BULAN PAGARALAM   Laporan Agus Senin 10 januari 2011 jam 16:25 KAWASAN peninggalan pra sejarah ditemukan di Desa Sinjar Bulan, yang...

    Baca selanjutnya...

  • Menu Balita 3

    Menu Balita 3

    06.01.2014

    MENU BALITA3 Menu Balita diolah olehku eustaria untuk Ibu yang baru saja punya Bayi dan perlu keterangan, supaya menjadi ide...

    Baca selanjutnya...

Macam Buah-buahanKunpulan aneka buah-buahan didunia.
Karena senang sekali dengan buah dan mengingat masa lalu di Sumatra, mencicipi buah yang langka, yang jarang sekali ditemukan, sebagai hobi mencari data dan foto, yang kuambil dari macam ragam website terutma wikipedia, kusatukan semuanya disini sebagai kumpulan buah yang pernah kutemui dan kurasakan. Masih banyak yang belum kutemui terutama buah aneh dari kalimantan dan Indonesia. Semoga menjadi penerangan dan dapat menisi tentang sayuran dan buah terutama di wikipedia.
Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.
Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi.
MACAM RAGAM BUAH SEGAR UNTUK HARI KEHARI SEHAT DAN PENUH DENGAN VITAMIN

 

Jambu monyetJAMBU MONYET atau JAMBU MEDE(Anacardium occidentale)
adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).
Dikenal juga dengan berbagai nama seperti jambu mèdè (Sd.); jambu mété atau jambu ménté (Jw.); jhambu monyèt (Md.); jambu dwipa, jambu jipang, nyambu monyèt (Bl.); nyambuk nyĕbèt (Sas.); jambu érang, jambu monyé (Mink.); jambu dipa (Banj.); buwah monyet (Timor); buwah yaki (Manado); buwa yakis, wo yakis (Sulut); buwa yaki (Ternate, Tidore); buwa jakis (Galela); jambu daré, jambu masong (Mak.); jampu sèrĕng, jampu tapĕsi (Bug.); dan lain-lain.
Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (tree), yang diturunkan dari perkataan Portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebetulnya juga merupakan pinjaman dari nama dalam bahasa Tupi, acajú. Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik.

Yang meiYANGMEI
Warnanya merah merona, bentuknya bulat. Buah asam segar dari daratan Cina ini mulai digemari karena kandungan nutrisinya yang hebat. Makin tua warnanya menjadi merah gelap dengan rasa asam segar dan aromanya wangi.
Si merah merona ini namanya Yangmei atau nama latinnya Myrica Rubra. Yangmei adalah buah asal benua Asia yang banyak ditemukan di Cina. Bentuknya bulat dan berwarna merah segar, namun semakin tua dan matang, warnanya semakin gelap.
Yangmei memiliki biji di tengahnya. Besarnya bisa sebesar bola golf. Buah yang di Jepang disebut yamamomo ini rasanya seperti strawberry, raspberry dan pomegranate, manis, asam dan mengandung banyak air.

Di Cina, yangmei sangat mudah ditemukan saat musim panen yang biasanya jatuh pada bulan Juni. Banyak petani yangmei yang berjualan langsung ke pusat keramaian. Biasanya buah ini dibanderol rata-rata 20 yuan atau sekitar 3 dollar per kilonya.
Yangmei juga punya julukan lain; red bayberry, waxberry dan yumberry. Yangmei dibaca “yun-mee” kalau diucapkan terdengar seperti “yummy'. Selain dimakan mentah, yangmei juga dibuat jus, sebagai pewarna makanan alami, eskrim hingga difermentasi menjadi minuman beralkohol.

Durio LaiLAI
Lai adalah nama buah sejenis durian. Buah ini juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai dan lain-lain.
Nama ilmiahnya adalah Durio kutejensis (kutejensis = berasal dari Kutei).
Daun-daun serupa dengan daun durian. Bunga besar, berwarna merah, berbau bangkai ketika mekar. Bunga ini diserbuki baik oleh lebah madu hutan, burung, maupun kelelawar. Buah kapsul serupa durian, beruang lima, bulat telur hingga melonjong, kuning kusam, dengan duri-duri yang agak membengkok.
Biji lonjong, coklat mengkilap, terbungkus oleh daging buah (arilus) yang berwarna kuning atau jingga, agak kering, manis dan berbau enak.


Tin atau Ara (Vijgen)TIN atau ARA (Ficus carica L.)
Tin adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.
Dalam bahasa Inggris tin diterjemahkan menjadi timah Untuk salah satu surah dalam al-Qur'an, lihat Surah At-Tin. Artikel ini berisi tentang pohon ara atau buah ara.
Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai.
Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak).
Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran.

PapayaPEPAYA (Carsica papaya) atau betik
adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang"
Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Sawo mentegaSAWO MENTEGA, sawo ubi, alkesah atau kanistel (Pouteria campechiana)
Sawo adalah sejenis buah yang asalnya dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan. Namun karena manfaatnya, pohon buah ini sekarang telah dibudidayakan di banyak negara, termasuk di Indonesia. Nama spesiesnya merujuk pada nama kota Campeche di Meksiko, tempat asli tumbuhan ini. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai canistel, egg fruit, atau yellow sapote.
Buah alkesah di Indonesia biasanya dimakan begitu saja setelah masak, sebagai buah segar. Namun di banyak tempat di negara lain, daging buah yang mirip dengan ubi kuning ini dicampur dengan garam dan lada, sari jeruk, atau mayones, dan dimakan segar atau setelah sebentar dipanaskan. Daging buah kanistel juga kerap dihaluskan dan dijadikan campuran es krim atau susu kocok (milkshake). Buah sawo mentega yang kaya gizi kerap dicampurkan ke kue-kue sebagai pengganti labu: dalam puding, kue dadar (pancake), kue pai ‘labu’, dan bahkan juga dijadikan selai untuk mengolesi roti.

asam jawaASAM JAWA, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.) . Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.
Daging buah asam jawa sangat populer, dan digunakan dalam aneka bahan masakan atau bumbu di berbagai belahan dunia. Buah yang muda sangat masam rasanya, dan biasa digunakan sebagai bumbu sayur asam atau campuran rujak. Buah yang telah masak dapat disimpan lama setelah dikupas dan sedikit dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Asam kawak --demikian ia biasa disebut-- inilah yang biasa diperdagangkan antar pulau dan antar negara. Selain sebagai bumbu, untuk memberikan rasa asam atau untuk menghilangkan bau amis ikan, asem kawak biasa digunakan sebagai bahan sirup, selai, gula-gula, dan jamu.

Srikaya-buah nonaSRIKAYA atau buah nona (Annona squamosa),
Srikaya adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak).
Daging buahnya berwarna putih.Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya.
Daunnya
berselang, sederhana, lembing membujur, 7-12 cm panjangnya, dan berlebar 3-4 cm.
Bunganya
muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2-3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.Buahnya
biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6-10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan memiliki rasa seperti podeng.


sukun SUKUN
Sukun ukun adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti" (Ingg.: breadfruit; Bld.: broodvrucht, dll.). Sukun sesungguhnya adalah kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Kata "sukun" dalam bahasa Jawa berarti "tanpa biji" dan dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lainnya, seperti jambu klutuk dan durian. "Moyangnya" yang berbiji (dan karenanya dianggap setengah liar) dikenal sebagai timbul, kulur (bahasa Sunda), atau kluwih (bahasa Jawa), kulu (bahasa Aceh), kalawi (Minang).
Di daerah Pasifik, kulur dan sukun menjadi sumber karbohidrat penting. Di sana dikenal dengan berbagai nama, seperti kuru, ulu, atau uru. Nama ilmiahnya adalah Artocarpus altilis. Buah sukun (tak berbiji) merupakan bahan pangan penting sumber karbohidrat di pelbagai kepulauan di daerah tropik, terutama di Pasifik dan Asia Tenggara. Sukun dapat dimasak utuh atau dipotong-potong terlebih dulu: direbus, digoreng, disangrai atau dibakar. Buah yang telah dimasak dapat diiris-iris dan dikeringkan di bawah matahari atau dalam tungku, sehingga awet dan dapat disimpan lama.
nanasNANAS, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.)
Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.
Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung -- bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk -- menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. <
Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.
appelAPEL
Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).
Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel.
Apel (Malus pumila) adalah jenis yang paling dikenal dan sering dimakan mentah. Penggunaan di dapur dan baking resep juga yang umum, misalnya, pie apel atau sebagai topping untuk pancake. Beberapa produk yang dibuat dari (antara lain) apel, jus apel, sari apel, saus apel dan apel. Apel datang dalam berbagai rasa yang berbeda dan / atau aroma.
JamblangPIR (NL: PEER)
Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.
Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang (lanceolate) yang langsing. Panjang antara 2 sampai 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan. Sebagian besar pohon merontokkan daunnya di musim dingin (deciduous) dengan perkecualian dua spesies Pir di Asia Tenggara selalu berdaun hijau sepanjang tahun (evergreen).
Pohon sangat tahan cuaca membeku di musim dingin hingga −25 °C and −40 °C kecuali spesies yang selalu berdaun hijau hanya tahan dingin sampai −15 °C.
Buah pir bisa dimakan segar, diproses sebagai buah dalam kaleng, sari buah dan kadang-kadang sebagai buah kering. Jus pir merupakan bahan dasar jelly atau selai walaupun sering dicampur dengan sari buah-buahan lain. Jus pir hasil fermentasi disebut perry.
Buah pir yang belum matang jika dimakan konon bisa memudahkan buang air besar (mempunyai efek laksatif), sedangkan buah pir matang mempunyai efek diuretik dan ada kemungkinan membuat orang mengantuk. Buah pir mengandung sorbitol sehingga bila dimakan terlalu banyak bisa menimbulkan rasa kembung pada perut dan menyebabkan buang angin. Ada sekitar 30 spesies pohon dari genus Pyrus.
PerzikPERSIK (Prunus persica)
Persik adalah tanaman tanaman berbuah dari famili Rosaceae. Buah ini disebut juga sebagai buah momo di dalam Bahasa Jepang. Buah persik memiliki daging berwarna kuning dengan aroma harum dan memiliki satu biji yang keras.
Persik ( Prunus persica ) adalah pohon musim gugur , asli North-West China , di wilayah antara cekungan Tarim dan lereng utara pegunungan Kunlun Shan , di mana ia pertama kali didomestikasi dan dibudidayakan . Ini mirip yang dapat dimakan sebagai buah yang berair juga disebut buah persik . Spesies Nama persica mengacu pada budidaya luas di Persia , dari mana itu dipindahkan ke Eropa . Ini milik genus Prunus yang meliputi cherry dan plum , dalam keluarga Rosaceae . Persik diklasifikasikan dengan almond di Amygdalus subgenus , dibedakan dari subgenus lain oleh shell benih bergelombang . Persik dan nektar adalah spesies yang sama , meskipun mereka dianggap komersial buah-buahan yang berbeda . Berbeda dengan peach yang buahnya menyajikan fuzz karakteristik pada nektarin kulit ditandai dengan tidak adanya trikoma kulit buah ( fruit fuzz - kurang) , studi genetik menunjukkan nektarin diproduksi karena alel resesif , sedangkan buah persik yang dihasilkan dari alel dominan untuk kulit fuzzy. China adalah produsen terbesar di dunia persik dan nektar.
ApricotsAPRIKOT (Prunus armeniaca, bahasa Latin untuk "plum Armenia", syn. Armeniaca vulgaris Lam., Armenia , Mandarin: xing)
Aprikot adalah salah satu spesies dari subgenus Prem. Asal tanaman ini sulit dipastikan karena sudah dibudayakan orang sejak zaman prasejarah. Kemungkinan besar tanaman ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, tapi mungkin juga berasal dari Korea atau Jepang.
Daerah penanaman tradisional adalah dataran rendah Hungaria. Dinasti Utsmani membuat kebun buah aprikot besar, setelah keberangkatan mereka kebun ini diabaikan. Hanya pada awal abad ke-19, aprikot ditanam kembali untuk menahan debu pasir. Aprikot berada ditanam karena keadaan tempat dan iklim sangat cocok untuk menahan panas dan kekeringan. Saat ini aprikot tumbuh terutama di Italia dan Spanyol. Bahkan lebih jauh ke utara, seperti di Austria Wachau (Austria) dan Swiss Canton Wallis aprikot dapat tumbuh. Turki memproduksi 85% dari produksi dunia aprikot kering dan kernel(biji) aprikot. Ada juga persilangan spesifik antara aprikot dan plum Jepang. Spesies ini penyeberangan ditandai dengan nama plumcot, aprium dan pluot.
NectarineNECTARINE atau nectarijn (Prunus persica nucipersica)
Nectarine adalah mutan persik (Prunus persica) dengan kulit halus dan mengkilap. Sesuai dengan kulit, tidak ada perbedaan esensial antara persik dan nektar. Sebuah nectarine bukanlah persilangan antara persik dan plum, seperti yang kadang-kadang dianggap. Nectarine menyerupai Brugnon (Prunus persica var. Nucipersica), satu-satunya perbedaan dengan hal ini adalah bahwa biji dari nectarine tidak melekat pada dagingnya. Dalam hal kebiasaan pertumbuhan, kondisi pertumbuhan dan kerentanan terhadap hama dan penyakit, nektarin sesuai dengan persik.

Ada varietas dengan daging putih dan daging kuning. Juga di nektarin Buah dari varietas yang paling nectarine sedikit lebih kecil daripada banyak varietas persik. Nectarine ini kurang rentan daripada persik dan karena itu dapat dengan mudah dikemas dan diangkut.

plumBUAH PLUM
Plum adalah buah yang manis. Nama ilmiah adalah Prunus. Ketika kering, itu disebut sebuah prune. Warna "plum" mengambil nama dari buah. Plum plum berwarna disebut plum ungu dan warna ungu dalam, plum lain ungu kemerahan (dua varietas ini ditunjukkan pada gambar di sebelah kanan).
Beberapa plum lain bisa kuning, merah, hijau atau bahkan putih. Buah ini memiliki alur mengalir di satu sisi, dan sebuah batu halus (biji). Daging buah kecoklatan dan sangat juicy. Kulit bisa dimakan. Hal ini juga dapat digunakan untuk membuat selai dan jus dapat digunakan untuk membuat anggur. Hal ini erat kaitannya dengan aprikot.
Keturunan hibrida diyakini Prunus spinosa dan Prunus cerasifera var. divaricata. Ini adalah plum yang paling sering tumbuh setidaknya di Eropa, dan sebagian plum (plum kering) yang terbuat dari buah-buahan dari spesies ini.
cherryCHERRY
Cherry adalah buah dari banyak tanaman dari genus Prunus, dan merupakan buah berbiji berdaging (buah batu).
Buah cherry perdagangan biasanya diperoleh dari sejumlah spesies, termasuk terutama kultivar ceri yang manis, Prunus avium.
Nama 'cherry' juga mengacu pada pohon ceri, dan kadang-kadang diterapkan pada almond dan pohon-pohon berbunga visual serupa dalam genus Prunus, seperti dalam "cherry hias", "cherry blossom", dll.
Wild Cherry bisa merujuk ke salah satu spesies ceri yang tumbuh di luar budidaya, meskipun Prunus avium sering disebut secara khusus dengan nama "cherry liar" di Kepulauan Inggris.


StrawberryFRAGARIA
Fragaria adalah genus tumbuhan berbunga dalam keluarga mawar, Rosaceae, yang dikenal secara umum dengan nama stroberi karena buahnya yang bisa dikonsumsi. Ada lebih dari 20 spesies dan banyak hibrida dan kultivarnya. Stroberi yang paling sering dibiakkan adalah stroberi kebun (Fragaria ×ananassa). Stroberi adalah buah komersial yang sangat penting, yang dibiakkan di berbagai belahan dunia.
Ada lebih dari 20 spesies Fragaria di seluruh dunia. Kunci pengelompokan spesies stroberi ini adalah berdasarkan jumlah kromosomnya. Ada tujuh jenis kromosom utama yang terdapat di seluruh spesies. Beberapa spesies adalah diploid yaitu mempunyai dua pasang dari ketujuh kromosom menjadikan jumlahnya 14 kromosom. Yang lainnya merupakan tetraploid yaitu memiliki empat pasang dari ketujuh kromosom menjadikan jumlahnya 28 kromosom, hexaploid (6 pasang), oktoploid (8 pasang) atau dekaploid (10 pasang).
Stroberi segar sangat sehat karena tinggi kadar vitamin C mereka (60 mg per 100 g). Pada bayi dan anak-anak yang sangat muda makan stroberi segar dapat membangkitkan reaksi alergi. Jadi, mulailah dengan potongan-potongan kecil strawberry, sehingga tubuh bisa terbiasa. Stroberi banyak digunakan untuk membuat selai.
framboosRASPBERRY (Rubus idaeus) (Framboos)
Raspberry adalah tanaman dari keluarga mawar. Spesies ini termasuk blackberry biasa (Rubus fruticosus) ke dalam genus Rubus. Genus ini lebih dari enam ratus spesies. Raspberry adalah tanaman Eropa-alami, yang terjadi di tempat-tempat terbuka di hutan dan di sepanjang tepi hutan dan sebagai makanan sejak awal kali digunakan. Budidaya berawal Abad Pertengahan. Tanaman ini merupakan semak yang berasal hingga 2 meter panjang dapat. Setiap tahun tunas baru terbentuk dari pengisap akar. Di musim panas raspberry hanya berbuah dua tahunan tangkai, setelah itu mati.

Pada musim gugur raspberry disisi bagian atas tunas dan berbuah di tahun itu. Raspberry terdiri dari banyak tangkai buah-buahan dan setiap buah selalu berbiji satu. Berbeda dengan blackberry daun raspberry mudah terlepas dari kelopaknya Kebanyakan varietas berbuah merah. Namun, ada beberapa varietas dengan buah kuning.
AnggurANGGUR
Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.
jerukJERUK atau limau
Jeruk adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.
Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".
Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.
Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.
Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.
KelapaKELAPA (Cocos nucifera)
Kelapa adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor.

Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun demikian, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.


Hutapea, J.R., 1994, Inventaris Tanaman Obat Indonesia (III), Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Jakarta.
Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003 dan saat ini telah memiliki 154.781 artikel
Artikel bertopik tumbuhan ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
primi sui motori con e-max

Comments   

eustaria
0 #1 Portal anak Indoeustaria 2014-01-20 13:52
Semuanya bagus dan sudah teratur.
Quote

Add comment

Comment hanya terbuka untuk Register


Security code
Refresh

PERUBAHAN TOTAL WEBSITE BOENGAMAS.COM.
logo communityCommunity sudah tidak ada lagi di website boengamas.com , karena kurang cocok untuk personal website, untuk mengolahnya banyak mengeluarkan waktu, dengan banyak perubahan di dunia maya sekarang ini tidak begitu lagi menjadi perhatian, datangnya android dan gadget yang merupakan technologi cangih, PC sudah tidak menjadi perhatian utama lagi. Termasuk aku lebih sering memakai tablet atau HP yang makin modern selalu ada di kantong, PC ku jarang kujamah, kecuali untuk web dan Photoshop. Sekarang aku lebih condong untuk membuat artikel tentang personal, resep masakan dari dunia food. tv screenNONTON TV DI MAYAPADA TV di Portal anak Indo sebagai percbaan saja, untuk test sajian live dari Tv Indo dan Belanda, Onlineyang menyiarkan berbagai program acara televisi kini telah menjadi gaya hidup kalangan yang sudah akrab sekali dengan dunia maya. Pada saat ini teknologi semakin canggih perubahan Internet semakin terasa, kebutuhan hidup manusia untuk memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia menjadi sangat mudah. Juga bagi warga dan siapa-siapa yang ada ikatan dengan Indonesia dan Belanda sebagi satu informasi yang baru dapat di nikmati. Tidak dapat dipungkiri lagi, jika televisi merupakan sahabat anda untuk mendapatkan hiburan yang dapat membuat suasana menjadi segar kembali. Beragam program acara / jadwal televisi disajikan secara eksklusif mulai dari sinetron, gossip, film, musik, hingga berita Indonesia dan dunia. Dengan koneksi internet anda sudah bisa mengakses siaran langsung tv streaming dan menonton tv dari komputer anda di rumah. TV Online Indonesia meliputi RCTI SCTV, MNC TV, Global TV, ANTV, Trans7, Trans TV dan TV One. Semoga tv online Indonesia live streaming ini bisa membuat anda terhibur disaat anda tengah melakukan aktifitas atau lagi santai di depan komputer. Juga Tv di mayapada telah bayak merupakan apps android dan apple. Aku menonton TV Indo lewat android ke layar TV besar, cuma sayang belum ada apps HD yang mau menayangkan.
logo community Senang Masak. Zaman modern ini, soal masakan sudah menjadi kultur perut yang sudah menjadi top dalam kehidupan sehari hari, penghargaan untuk chef atau tukang masak adalah suatu kedudukan yang sekarang dihargai, dan inkomen menanjak jika restauran diserbu peminat, buat lelaki hobi masak telah dihargai, aku sudah puluhan tahun mengalihkan kerja sebagai electronica menjadi chef didapur. Siapa bilang kerja kotor, dapur modern dan cangih membuat selera untuk lebih hebat terlaksana, menambah ngiler keluarga dan kerabat, namun jangan ditinggalkan resep nenek moyang kita dengan pengolahan secara tradisi,tetap nikmat terasa dilidah, hanya mencari mempermudah dan modern, yaitu dengan pertolongan mesin modern, asal cita rasa tetap sama.

logo bmDengan adanya berita Joomla 2.5 nantinya pada tahun 2014 tidak lagi di perbaharui, aku beralih pada Joomla 3.2, yang sementara juga nunggu versi 3.5. Yang bagus adalah J 3.2 ini dapat di acses di HP dan tablet. Untuk merubah aku segan migration dari 2.5 ke 3.2, jadinya dikerjakan dulu lewat PC ku dengan Xampp, bikinnya memang makan waktu, hanya 3 jam setiap hari, baru 1 bulan aku selesaikan. Kemungkinana website yang sudah 10 tahun ini tidak kulanjutkan lagi banyak orang sudah beralih ke apps, lihat saja di google play segalanya ada. Karena hobi tetap saja mencoba, sambil mengikuti perubahan dunia dalam segalanya.

RESEP DAPUR Halaman baru telah ditayangkan, kumpulan Resep dari ITALI, PERANCIS, INDIA, BELANDA dan INDONESIA, resep yang baru dari negara-negara dunia, dipilih untuk resep yang bahan-bahan gampang di peroleh, dapur Boengamas telah mencoba dan cukup puas dengan keberhasilan. Resep Mancanegara. dan tetap akan ditambah dengan resep daerah kita, sebagai Resep lama dan nostalgia
Artikel Food, Photo dan Blog
Blog Resep
Blog Resep
Blog Resep, menelusuri kuliner sekarang
Ada jajanan, ada masakan baru pengen tau, kalau bisa pengen ...
15 April 2014

Menjelajahi culiner di Mall Jakarta
Jalan jalan ke Mall, bisa beberapa jam, cukup waktu untuk cicipi makanan yang aneh, aneh dengan ...

Artikel dan foto
Artikel dan foto

Artikel foto yang bercerita
Tentang masak dan melihat masakan orang lain. kuliner baru, masakan ...

03 March 2014
Kali aku iseng
menjelajahi dunia maya, atau katakan saja internet, mencari apa yang patut untuk di baca dan dilihat. Kalau bosan pada ...
05 March 2014
MASAK DENGAN KEGEMBIRAAN
Untuk membuat Nasi Kuning.Tumpeng dan tujuh hidangan, akan berhasil, kalau dengan waktu yang cukup ada.
...
07 March 2014
Masak Spageti ala Pameus

Saat ini iklim di Belanda menyebelkan sekali, memang tidak ada salju walau lagi winter, untung sudah dekat ...
Artikel Resep
Artikel Resep

Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan ...

16 January 2014
Apa itu kari? "Curry" adalah kata Tamil-inggris (kari) yang mendeskripsikan saus, tetapi telah berkembang kemana mana, untuk ...
16 January 2014

Vanilla mungkin merupakan bumbu yang paling sangat diperlukan di dapur apapun! Pelajari bagaimana biji vanili tumbuh dan penyerbukan ...

16 January 2014

Hanya senang dengan membuat resep baru, yang begitu saja datang sebagai satu keinginan untuk membuat rasa dan bentuk baru, jika ...

05 March 2014
Sayuran memainkan peran penting
Sayuran, meningkatkan pencernaan makanan, berkat peningkatan sekresi kelenjar lambung. Sayuran segar ...

streaming tv


rachel

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan website kami dan pengalaman Anda saat menggunakannya. Cookies digunakan untuk operasi penting dari situs ini telah ditetapkan. To find out more about the cookies we use and how to delete them, see our privacy policy.

  I accept cookies from this site.
EU Cookie Directive Module Information